Sunday, October 2, 2011

Panen Gurame ^_^

*Maaf jika gambar tidak ada kaitan


Assalamualaikum kawan....


Aku kembali lagi dengan membawa cerita tentang panen gurame di rumahku.

Gini neh ceritanye.... ^_^

Orang tua Aku kan sukak banget melihara hewan. Di rumah ada peliharaan Love Bird, dan lainnya, Ayam, dan yang satu ini si ikan gurame.

Di rumah ada 8 kolam ikan yang berbeda ukurannya dan berbeda isi ikannya. Awalnya ortu Aku nggak melihara ikan gurame, melainkan melihara ikan lele. Namun, ortu Aku merasa bahwa untung dari melihara ikan lele itu sedikit banget. Jadi deh ortu Aku berpindah buat melihara ikan gurame. Dulu juga ortu Aku cuman punya 2 kolam ikan, karena dirasa untung dari usaha gurame ini lebih banyak, mereka memutuskan untuk membuat 6 kolam lagi.

Melihara ikan gurame nggak susah banget kok daripada ikan lele. Ikan lele itu perawatannya agak susah, soalnya kalau udah gede ikannya gampang mati dan aroma airnya sangat menyengat. Nggak jarang tetangga Aku komplain ke ortuku gara-gara baunya yang nggak enak.

Nah di hari itu ikan guramenya udah siap buat dipanen. Aku yang paling sering ikutan liat daripada kakakku. Aku seneng kalau lihat ikan gurame yang gede-gede. Sebenernya Aku pengen megang ikannya tapi takut kenak durinya.

Nggak jarang juga, pas panen ikan gurame itu kan dipilihin yang gede dan yang kecil. Nah kalau yang kecil itu dilempar ke kolam sebelah yang udah kosong tapi ngelemparnya kurang keras jadinya ikan itu masuk selokan yang penuh dengan lumpur dan air. Tapi untungnya ketemu. Kalau liat ikannya gede trus masuk ke selokan itu rasanya ueeeman banget. Yaiyalah gurame sekarang kan lagi mahal, Rp 21.000/kg.

Kalau mau lebih jelasnya tentang untung dan rugi melihara ikan gurame, langsung aja kirim pesan ke facebook Aku "DISINI" ntar Aku tanyain ke ortu Aku.

Pokoknya dijamin deh melihara ikan gurame itu untungnya banyak...udah deh gak bakal rugi. Cobak aja, tapi kalau mau untungnya lebih banyak kalian harus mau nyari dedaunan kayak sawi, daun ubi, dan yang lain.

Ini ada sebagian foto pada saat panen gurame....^_^





Itu aja kali yeee...yang bisa Aku kasik tau...semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Wassalamualaikum.....



No comments:

Post a Comment